Jul 312013
 

Jika anda berminat untuk melakukan investasi di penyewaan properti, atau menjadi ‘tuan tanah’, maka anda perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu. Langkah yang anda ambil sebagai calon tuan tanah sudah baik, karena bentuk investasi ini akan dapat memberikan anda keuntungan yang baik dan cepat berkembang.

Berikut kami berikan 5 tips dasar untuk investasi di penyewaan properti bagi pemula:

1. Perluas pengetahuan anda. Ini merupakan hal terpenting bagi pemula di bidang real estate. Anda tidak mau kehilangan banyak uang sia-sia karena tidak mengetahui tips yang tepat di bidang investasi ini. Perlu diketahui, ketika anda berinvestasi dibidang properti, anda akan memiliki hutang dalam hitungan yang besar dan anda harus cerdas dalam menanganiya. Belajarlah dari agen real estate yang telah memiliki pengalaman sebelumnya. Jika ingin mendapatkannya dengan lebih mudah, didiklah diri anda sendiri dengan banyak membaca di internet, majalah, atau buku mengenai investasi di penyewaan properti.

2. Asumsikan hal yang terburuk. Ada banyak orang yang serakah yang terlibat dalam investasi properti. Mereka akan mampu mengambil uang anda dengan cepat tanpa memberikan anda keuntungan sama sekali. Akan ada banyak pihak yang mencoba mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari anda dan situasinya akan merugikan jika anda tidak mengetahui langkah yang harus diambil. Selalu waspada dan jangan mudah mempercayai orang lain, dan selalu asumsikan hal yang terburuk yang akan terjadi pada investasi di penyewaan properti yang anda jalankan.

3. Belajarlah perhitungan dengan cepat. Walaupun Matematika bukanlah pelajaran favorit anda di sekolah, anda harus belajar perhitungan dengan cepat jika anda ingin sukses di bidang usaha ini. Anda tidak akan selalu dibekali dengan kalkulator, seperti ketika anda berada di lapangan dan berhadapan dengan klien secara langsung. Anda tidak ingin mengalami kerugian karena kemampuan matematika anda yang tidak baik. Jadi, belajarlah terlebih dahulu.

4. Lakukan banyak riset. Penting bagi anda untuk melakukan riset properti yang ingin anda jadikan sumber investasi. Cari tahu dimana lokasinya, jenis propertinya, atau apakah properti membutuhkan perbaikan atau bentuk permak lainnya.

5. Carilah seseorang yang bisa melatih anda. Jangan khawatir, pemula membutuhkan bantuan dari orang lain. Jangan sepelekan hal ini, seseorang yang lebih berpengalaman akan dapat membantu anda dalam menentukan pilihan-pilihan yang sulit. Orang ini bukan berarti harus berada disamping anda, ia bisa seseorang yang bisa dihubungi di telpon, internet, atau lainnya.

Jika anda merasa sudah siap, saatnya masuk ke bisnis penyewaan properti. Agar dapat menyewakan properti yang sudah anda miliki dan mendapatkan keuntungan dari proses penyewaannya, pastikan beberapa hal terlebih dahulu.

  • Pastikan properti yang akan disewakan memiliki tempat yang strategis, sehingga akan mudah bagi anda untuk mencari orang yang berminat untuk menyewanya.
  • Tentukan jangkauan harga yang ingin anda berikan pada calon penyewa. Harga tidak bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika harga terlalu tinggi, orang akan mundur, dan sebaliknya jika harga terlalu rendah, anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari investasi di penyewaan properti yang anda lakukan.
  • Pasanglah iklan untuk memasarkan properti yang akan anda sewakan. Agar bisa mendapatkan calon penyewa dengan cepat, iklan yang anda pasang harus menarik sekaligus informatif.
  • Persiapkan properti tersebut dalam keadaan maksimal agar calon penyewa tertarik. Berilah dekorasi yang tidak berlebihan, lakukan perbaikan jika ada kerusakan pada properti, dan hal lain yang bisa membantu anda menarik perhatian calon penyewa.

Sumber : http://propertyonsale.co.id/artikel/view/5-hal-dasar-untuk-investasi-di-penyewaan-properti

Sorry, the comment form is closed at this time.

Copy Protected by Chetans WP-Copyprotect.